Senin, 01 Oktober 2007

Krupuk tahu

Kemarin lalu kita mencoba untuk membuat varian baru dari tahu, kita coba buat krupuk tahu!
Awalnya karena lihat proses pembuatan krupuk di tv, jadi pengen coba-coba buat krupuk tahu. So, dengan pede Dina saya suruh utk mengiris-iris tahu kami dan mengangin-anginkannya. Hasilnya?? Gagal total…hehehehe…ya iyalah secara buat krupuk kok ngawur..asal banget..masa kalo dijemur langsung jadi krupuk.
Tanpa putus asa, coba-coba browsing di internet dan ketemulah 2 resep krupuk. Ohhh..ternyata pakai tepung tapioka rekan-rekan. Jadi kami buatlah campuran tepung tapioka dengan tahu plus bumbu-bumbu penyedap lainnya. Nggak banyak sih, karena tahu kami kan sudah ada berbumbu. Campuran selesai dibuat, dan mulailah kami mengaduk-ngaduk adonan tersebut. Nah ini dia, tantangan dimulaiii…bener-bener berat mengaduk-aduk adonan tersebut, karena adonan harus diaduk sampai padat dan kompak. Aduk..aduk…aduk…Krakkk…:( salah satu sutil andalan Dina patah. Ya gara-gara terlalu semangat mengaduk sampai sutilnya patah. Setelah hampir 20 menit aduk aduk, selesailah adonan tersebut. Dibagi-bagi menjadi 3 lenjer dan mulailah dikukus dalam 2 panci yang berbeda karena lenjerannya cukup besar.
Tunggu punya tunggu….laahhhhh kok bau gosong yaaa??? Huwaa….ternyata beneran 2 adonan kami gosong!! Yah…tersisalah 1 adonan yang berhasil dikukus. Selanjutnya, diangin-angin bentar, dan setelah dingin, siap-siap kita potong.
Ternyata, tantangan ini nggak kalah beratnya. Pemotongan dilakukan sambil melet-melet (hehehe rada hiperbolis) saking lenturnya adonannya. Ffiuuuhh….menjalani proses ini, benar-benar memperlihatkan kepada kita bahwa buat krupuk tuh nggak mudah. Appreciate all the chipsmaker/krupukmaker.
Sekarang, kita lagi nungguin krupuk basah yang lagi dijemur untuk 2-3 hari. Semoga hasilnya bagus…

Harap-harap cemas..

Tidak ada komentar: